Categories
Dunia Balap Motor

Selain MotoGp, Inilah Jenis Balapan Motor lainnya !

Biasanya kalian sering menonton ajang balapan di TV adalah MotoGp  atau Formula F1 bukan ? namun pasalnya ada berbagai jenis balapan lainnya yang wajib kalian ketahui lho ! 

Ajang balapan memang bukan hanya sekedar sebagai sebuah olahraga belaka saja, namun sudah menjadi sebuah tontonan yang menarik dari minat oleh berbagai kalangan yang ada di seluruh dunia. Di antaranya adalah olahraga balap motor yang mana, bersaingnya dengan menggunakan kuda Besi yang super canggih dengan kekuatan penuh. Faktor atas skill dari seorang pembalap juga diyakini ikut dalam menentukan kemenangan di atas podium. Ada yang sudah menggunakan lintasan aspal sebagai sebuah arena dari pertandingan, ada juga yang menggunakan lintasan atas tanah berdebu sebagai salah satu arena. Untuk kalian selaku pecinta dari setiap ajang balapan motor, maka berikut ini akan kami berikan beberapa jenis ajang balap motor yang asyik untuk bisa kalian tonton pastinya. 

Ajang Balapan MotoGp 

At least ini harus kami taruh di bagian atas artikel ya. Sebab, ajang MotoGp ini sudah sangat paling populer diantara ajang balapan lainnya. Selain itu, ajang balap motor yang satu ini sudah menjadi jenis balap motor yang paling bergengsi sekali. Fans motoGp juga sudah memiliki jumlah yang cukup fantastis dan sudah tersebar langsung di berbagai negara. Sampai-sampai, dalam hal ini sudah memiliki komunitas atau sebuah fans club tersendiri yang selalu saja hadir dimanapun sang pembalap Idola bisa melakoni adanya ajang balap dari MotoGp. 

MotoGp

Kuda besi khusus dari ajang MotoGp ini menjadi sebuah mesin dengan kapasitas 1000 cc yang mana harus mampu dalam melahap setidaknya 22 lap atau 22 putaran. Ada pula pada pembagian dari kategori kelas untuk masing-masing dari kapasitas mesin motornya. Diantaranya ada kelas untuk Moto2, lalu Moto3 dan terakhir untuk kelas MotoGp yang berlomba-lomba dalam 18 Sirkuit saja secara resminya. Kecepatan dari motor ini mampu mencapai 300 km/jam lebih dengan adanya 6 gir persneling. Serta diisi oleh ban Khusus dengan sisi halus tanpa adanya garis lekukan menjadi ciri-ciri utama dari dunia MotoGp. 

Ajang Balapan World Superbike 

Selanjutnya adalah ajang balapan Motor Superbike. dimana ini ajang balap motor dengan penggunaan kendaraan motor memakai kelas pada kapasitas sport 1000cc yang dijualnya secara massal. Artinya, pada ajang ini motor yang digunakan juga bisa saja dimiliki oleh masyarakat luas jika mereka mampu atau pada tingkat perekonomian tertentu saja yang bisa membelinya. 

World Superbike

Para pembalap dari ajak Superbike ini tidaklah terlalu tersohor seperti halnya para pembalap MotoGp. Terkecuali, memang mereka ini dulunya pernah main dalam ajang MotoGp dan melakukan perpindahan ke ajang Superbike. Para pembalap ini hanya akan tergabung dalam sebuah tim saja dan tidak membawa nama dari sebuah nama pabrikan motor yang langsung saja didukung oleh adanya beberapa Sponsor yang bekerja sama dengan mereka, dalam artian hampir saja di keseluruhan dana berasal dari pribadi tim dan sponsor. 

Ajang Balapan Supermoto 

Dari Superbike, maka kita pindah ke Supermoto. Basic design motor yang telah digunakan dalam lomba balap SuperMoto ini adalah motor dengan jenisnya trail. Namun ada juga modifikasi tersendiri untuk stang motor dan juga ukuran dari bannya. Disini ban yang digunakan dalam ajang balap motor SuperMoto adalah jauh lebih besar dibanding dengan ukuran ban yang digunakan pada lomba balap Motor Trail. Begitupun dengan adanya kapasitas dari mesinnya. Terlebih lagi lintasan yang digunakan menggabungkan antara lintasan aspal dengan lintasan tanah. Tingkat rintangan yang ditentukan juga semakin menambah keseruan dalam ajang balap SuperMoto ini. Namun untuk SuperMoto hanya akan diadakan di beberapa lintasan yang ada di Italia saja. 

Ajang Balapan Motor Cross 

Jenis dari balap motor yang satu ini juga populer nih, namun penggunaan dari lintasan areanya adalah tanah dengan berbagai bentuk rintangan yang sengaja dibentuk khusus untuk jalur balapan tersebut. Seperti halnya sebuah rintangan hanya untuk melakukan Jump atau melakukan lompatan dan beberapa tikungan yang sudah tergolong sangat tajam, hingga para pembalap harus bisa menurunkan kaki dalam membantu mereka untuk lebih mudah berbelok pada sirkuitnya. 

Motor Cross

Umumnya pada garis Start, disini para pembalap akan berjajar segaris dengan ditahan oleh sebuah papan yang ada di bagian depan roda mereka ini. Ketika papan ini mulai dijatuhkan, maka itulah menjadi tanda dimulainya ajang balapan. Tak jarang para pembalap juga melakukan beberapa trik dalam aksi jumping udaranya. Jenis dari ban nya sendiri kotak atau bentuk tahu. Sudah pasti dengan ban ini akan menjadi sangat amat identik untuk bisa digunakan dalam ajang Moto Cross. 

Ajang Balapan Speedway Race 

Speedway Race

Untuk jenis balapan yang satu ini cukuplah unik. Dimana Lintasan yang digunakan menjadi lintasan dengan diisi oleh tanah dan hanya berbentuk oval saja. Manuver yang diberikan berbelok dengan kecepatan tinggi dan posisi kaki akan selalu dijatuhkan ke tanah menjadi sebuah aksi yang paling keren dari para pembalap ketika sedang berlomba. Ukuran atas frame body yang digunakan juga cukup ramping sehingga, akan memudahkan para pembalap untuk bisa melakukan manuver Sliding dengan penggunaan dari kecepatan tinggi di dalam melakukan tikungannya. 

Ajang Balapan Drag Race 

Mungkin balapan motor yang satu ini tidak sepopuler dengan ajang balapan yang ada diatas tadi, dimana untuk balapan ini memiliki keunikan dari  jalur pada lintasannya yang lurus saja dengan jarak tertentu. Umumnya jarak lintasan lurus yang digunakan dalam ajang Balapan Drag Race ini dimulai dari 200 meter hingga 500 meter. 

Drag Race

Jika dkawasan Asia umumnya menggunakan ban yang tergolong kecil serta tipis, disini ketinggian dari Stang Motor yang sudah dimodifikasi akan jauh semakin pendek dan semakin rendah. Sehingga, para pembalap yang ada akan terlihat layaknya seseorang yang membungkuk ketika menaiki motornya. Namun di Amerika sendiri balapan Drag Race ini menggunakan ban dengan ukuran yang besar lalu kapasitas dari mesinnya juga tergolong besar. Lomba balap ini hanya akan menyertakan 2 orang pembalap dan yang paling cepat bisa saja menyentuh garis Finish di Track lurus sebagai seorang pemenangnya. 

Ajang Balapan Isle of Man Tourist Trophy 

Untuk ajang balapan yang satu ini sering sekali dinamakan sebagai Road Race atau balap Motor Besar yang mana menggunakan adanya lintasan jalanan umum dari sebuah pulau kecil yang ada di Inggris, pulau bernama Isle. memakai motor yang memang dijual secara massal dan digunakan untuk balap motor Superbike. 

Jarak penonton dengan para pembalap yang berpacu di lintasan bahkan sangat amat dekat. Bisa dikatakan juga bahwa balapan motor ini memiliki resiko besar bagi kalian sang pembalap maupun para penonton di sepanjang jalanan. Lebar dari jalannya hanya sebesar 4 hingga 5 meter saja.

 

Isle of Man Tourist Trophy 

Tak jarang korban dari ajang balap ini mengalami cedera yang parah atau bahkan bisa meninggal gara-gara mengikuti ajang balap super ekstrem ini. Saking ekstremnya, balapan Isle of Man Tourist Trophy ini hanya akan diadakan setiap setahun sekali pada akhir bulan Mei hingga Bulan Juni dengan jumlah putaran lapnya 10 kali. Sekedar info saja, ajang balapan ini sudah dimulai sejak tahun 1904. Mengenai dari aturannya, juga ada beberapa pembagian kelas sesuai dari kapasitas mesin motor yang telah digunakan oleh seorang pembalap. Justru disini ada kategori Balap yang khususnya sudah diperuntukkan bagi motor dengan 0% Emisi atau yang berdaya listrik. 

Ajang Balapan Road race mungkin menjadi jenis yang terakhir. Dimana untuk ajang ini akan dikhususkan untuk Motor Bebek dengan kelas 100cc sampai dengan 125cc saja. Jarak masing-masing dari pembalap motor ini hanya dari 10 sampai dengan 20 km saja. Untuk kejuaraanya sudah masuk tingkat Asia, dan pembalap Indonesia yang berhasil menembusnya adalah Doni  Tata Pradita.